Sabtu, 05 Juni 2010

Gerilya Hut Japrra XV SMAN 01 Siantan

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Menciptakan generasi penerus bangsa yang berprestasi dengan memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme tinggi. Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwracab) Kabupaten Pontianak, Rahmad Satria, menilai gerakan pramuka merupakan salah satu wadah yang tepat mencapai tujuan tersebut.

“Melalui pramuka, akan mengasah keterampilan siswa. Pramuka mengajar kedisplinan, melalui berbagai kegiatan seperti LKBB, tali temali, out bond dan kegiatan lainnya, yang memiliki manfaat besar jika adik-adik telah dewasa nanti. Apalagi adik-adik pramuka merupakan generasi penerus bangsa dan negara,” kata Rahmad, saat membuka perkemahan membuka perkemahan Hut ke XV Gudep 05009-05010 Jenderal Sudirman-Nyi Agen Serang (Japrra) di pangkalan SMAN 01 Siantan, Jumat (26/2), kemarin.

Ketua DPRD Kabupaten Pontianak ini, merasa dirinya bisa menjadi seperti saat ini, dikarenakan didik melalui gerakan pramukan, Baik ilmu organisasi, kepemimpinan dan komunikasi. Untuk itu, dirinya berpesan agar, gerakan pramuka di Kabupaten Pontianak terus ditingkatkan lagi, sehingga para generasi muda bisa terhidnar dari berbagai kegiatan negatif seperti asusila, penggunaan narkoba dan minum minuman keras.

“Saya merasakan sendiri, manfaat ikut pramuka. Kita akan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan, bahkan ilmu yang paling tinggi ada di pramuka, yaitu ilmu komunikasi. Siapa mampu menguasai komunikasi, maka dia akan mengusai dunia,” katanya, mengutip pernyataan bijak mantan Presiden RI pertama, Ir Sukarno.

Sedangkan Kepsek SMAN 01 Siatan, Sri Mulyani, selaku Kak Mabigus, sangat mendukung pa yang dilaksanakan siswanya. Melalui pramuka selain meningkatkan keterampilan siswa, juga dapat mengharumkan nama sekolah dan daerah. Perkemahan sendiri diikuti, 308 peserta dengan 38 pendamping dan 31 peninjau dari penggalang SD dan SMP Kecamatan Siantan, Segedong, bahkan 1 Gusep dari Kecamatan Sungai Pinyuh.

“Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini. Hut Gudep, setiap 2 tahun sekali kami laksanakan. Prestasi yang diraih dari kegiatan pramuka juga cukup banyak, bahkan pernah juara umum di tingkat provinsi,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar