Senin, 21 Juni 2010

Lomba Desa Bahan Evaluasi Pembangunan

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Plt Sekda Kabupaten Pontianak, Gusti Ramlana, mengharapkan lomba desa tingkat provinsi Kalbar, menjadi bahan evaluasi pembangunan desa untuk masa yang akan datang.

“Melalui penilaian lomba desa ini, kita berharap tim penilai  dapat memberikan petunjuk dan masukan sebagai bahan evaluasi pembangunan desa-desa di Kabupaten Pontianak, sehingga hasil pembanguan benar-benar bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Gusti Ramlana, saat menyambut kendatangan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi di Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur, yang mewakili Kabupaten Pontianak untuk lomba desa tingkat provinsi, Senin (21/6), kemarin.

Sedangkan Kepala Desa Sungai Bakau Kecil, Abdul Rani, sangat berharap Desa Sungai Bakau Kecil menjadi yang terbaik dalam penilaian lomba desa tingkat provinsi tahun 2010, dan menjadi desa percontohan bagi desa-desa yanga ada di kabupaten/kota di Kalbar.

“Kita berharap Desa Sungai Bakau Kecil bisa menjadi desa percontohan bagi desa lain dari segala sektor pembangunan. Apalagi melalu kegiatan ini, semangat masyarakat untuk membangun desa semakin meningkat  baik disektor pertanian, perkebunan, kesehatan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui industri kecilnya,” katanya.

Sedangkan Ketua Tim Lomba Penilaian Desa Tingkat Provinsi, Ismarwoto, mengatakan, ada delapan krateria penilaian yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, tingkat partisispasi masyarakat, ketertiban dan keamanan, pemberdayaan keluarga, dan sektor lainnya. Dan yang terbaik dari lomba desa ini, akan dikirim ke tingkat nasional.

“Seluruh kabupaten/kota Se kalbar mengikuti kegiatan ini. Cuma untuk tahun ini, kabupaten Bengkayang dan Sintang dan tidak ikut ambil bagian. Tim penilai akan secepatnya menyelesaikan hasil penilaian, jika bisa 22 Juni sudah selesai dan hasilnya   bisa dibawa ke Jakarta. Dan juara pertama akan kita ikutkan ke tingkat nasional baik desa dan kelurahan,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar