Minggu, 06 Juni 2010

Rp 16 M, DAK Pendidikan 2010

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Tidak ingin terjadi peyimpangan penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan 2010. Dinas Pendidikan Kabupaten Pontianak, Rabu (26/5), kemarin,  melaksanakan sosialisasikan DAK pendidikan kepada 63 kepala sekolah SD dan SMP penerima DAK di Gedung PGRI Mempawah.

“Tahun ini, kita kembali mendapatkan kucuran DAK pendidikan sekitar Rp 16 miliar lebih, untuk 33 SD dan 30 SMP. Dimana setiap sekolah mendapatkan kucuran dana sekitar Rp 294 juta lebih,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pontianak, Mawardi.

Lanjutnya lagi, sosialiasi yang melibatkan pihak kejaksaan, BPPKAD dan isnpektorat daerah. Tidak lain agar pelaksanaan DAK sesuai petunjuk teknis Dirjen Pendidikan  dan tidak menimbulkan permasalahan kedepannya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pontianak, Mawardi.

Lanjutnya lagi, dalam melaksanakan sosialisasi Dinas Pendidikan melibatkan pihak kejaksaan, inspektorat daerah, Badan Pendapatan, Pemeriksaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Pontianak dan BPK.

“Sesuai juknis, pelaksanaan DAK tahun ini, tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Cuma ada perbedaan sedikit, dimana sekarang dana langsung dicairkan melalui BPPKAD ke rekening kepala sekolah. Sedangkan dulu dari dinas langsung ke kepala sekolah. Sedangkan pelaksanaan DAK tetap menggunakan sistem swakelolah, sekarang dananya sudah 30 persen parkir di BPPAKD,” katanya.

Sedangkan Bupati Pontianak, Ria Norsan, mengharapkan pelaksanaan DAK pendidikan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang secara khusus dialokasikan untuk menunjang pelaksanaan wajib belajar 9 tahun. Diharapkan  di sekolah, sehingga mampu mewujudkan pengelolaan pendidikan yang transparan, profesional dan akuntabel, serta dapat mewujudkan pelibatan masyarakat secara aktif dalam bidang pendidikan.

“Laksanakan DAK pendidikan dengan baik, jangan ada yang menyimpang. Karena dana ini untuk kemajuan Pendidikan di Kabupaten Pontianak ini. Dan kepada Dinas Pendidikan supaya mengawasinya dengan baik kelapangan supaya tidak ada penyimpangan yang di temukan,” kata Ria Norsan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar