Selasa, 12 Juli 2011

Pahlawan Seni Kabupaten Pontianak Tutup Usia di Bali

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Sanggar Tradisonal Bangsawan, Pangkalan Emas Jungkat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Pontianak, berduka. Usai tampil mengikuti gebyar Festival Seni Budaya di Denpasar Bali, Kamis (7/7), kemarin. Pimpinan sanggar, Sy Jafari Al Qadri (53), tutup usia di ruang ICCU RSUD Wangaya Denpasar Bali, sekitar pukul 22.55 WITA, dikarenakan mengalami serangan Jantung.

Menurut Manajer Sanggar Tradisional Bangsawan, Munir Putra, yang juga hadir di Bali, mengatakan saat tampil beliau sangat bersemangat. Usai tampil, beliau mengeluhkan sesak nafas, sehingga harus mendapat perawatan medis di ICCU RSUD Wangaya Denpasar Bali, namun tidak tertolong lagi. Jumat (8/7), jenazah beliau dipulangkan dari Bali ke rumah duka, Desa Jungkat, Kecamatan Siantan, untuk dimakamkan

“Sosok Sy Jafari Al Qadri, bagi saya merupakan tokoh seniman Kabupaten Pontianak yang sulit dicari. Sepanjang hidupnya, diabdikan untuk mengembangkan kesenian  Sanggar Tardisonal Bangsawan. Bahkan pemerintah Bali, menilai beliau adalah pahlawan seni. Atas kepergian almarhum, Kami seluruh pengurus Sangggar Bangsawan, sangat berduka,” kata Munir, dikonfirmasi Sabtu (9/7), kemarin.

Bahkan Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, Rahmad Satria, yang mengetahui informasi meninggalnya Sy Jafari Al Qadari, merasa terkejut dan turut berduka cita atas meninggalnya Sy Jafari Al qadari. Apalagi beliau juga merupakan salah satu pembina Sanggar Tradisonal Bangsawan tersebut.

“Saya sangat kehilangan beliau, kecintaannya terhadap kesenian daerah sangat besar sekali. Dan bagi saya, beliau merupakan pahlawan kebudayaan dan kesenian daerah Kabupaten Pontianak dan Kalbar, dalam mempromosikan kesenian dan budaya sampai tingkat nasional dan internasional. Beliau berhak mendapat penghargaan pahlawan seni Kabupaten Pontianak,” katanya.

Namun Rahmad, juga tidak lupa berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan, untuk bersabar, berdoa dan menerima dengan ikhlas kepergian beliau menghadap Yang Maha Pencipta.

“Saya secara pribadi dan atas nama keluarga, mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya. Semoga amal ibadah beliau, dibalas surganya Allah SWT,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar