Senin, 25 Juli 2011

Pelajar Harus Ikut Melestarikan Seni Budaya

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Melestarikan dan memberi aspirasi terhadap seni budaya daerah. Pemda Kabupaten Pontianak, melalui Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata, Senin (25/7), kemarin, menggelar festival Pesona pelajar Seni Budaya Bumi Galaherang di Gedung Kartini Mempawah, dibuka langsung Bupati Pontianak, Ria Norsan.

“Kita ingin para pelajar di Kabupaten Pontianak, memiliki kecintaan terhadap seni budaya daerah. Serta melestarikan kebudayaan, khususnya kebudayaan di Kabupaten Pontianak,” kata Bupati Pontianak, Ria Norsan, dihapadan para peserta lomba.

Lanjutnya lagi, diharapkan melalui Pesona Pelajar Seni Budaya tersebut, bisa menambah kekayaan seni budaya. Serta seni budaya Kabupaten Pontianak, bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

“Kita patut bangga, karena seni budaya Kabupaten Pontianak sering berprestasi di tingkat nasional. Bahkan berapa waktu lalu Tundang Kabupaten Pontianak, telah mewakili Kalbar di festival seni budaya di Singapura. Dan melalui pelestarian seni budaya daerah ini, diharapkan dapat menarik wisatawan manca negara untuk datang ke tempat kita,” katanya.

Mengenai kegiatan tersebut, Kadis Perhubungan, Kebudayaan dan Parawisata, Suharjo Lie, mengatakan kegiatan akan dilaksanakan mulai 25-26 Juli, yang diikuti pelajar tingkat SD, SMP dan SMA se Kabupaten Pontianak. Dimana tingkat SD akan membawakan lagu daerah, SMP membawakan tarian daerah dan SMA membawakan vokal group.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa mendorong pengembangan dan pelestarian seni budaya daerah, terhadap generasi muda atau pelajar,” katanya.

1 komentar: