Sabtu, 02 Oktober 2010

Hari Kesaktian Pancasila

Junjung Tinggi Ideologi Pancasila

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, Rahmad Satria, mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu dijadikan media refleksi untuk merenungkan bagaimana bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara. Apalagi melihat banyak kerusuhan, teror terorris  dan berbagai permasalahan bangsa yang membuat stabilitas keamanan nasional menjadi terganggu.

“Saya mengajak masyarakat agar selalu bersatu padu menegakan NKRI ini, dan selalu menjunjung tinggi sumber hukum dan ideologi bangsa yaitu Pancasila. Dan saya juga merasa senang konflik-konflik di beberapa daerah, seperti di Tarakan sudah berakhir damai,” kata Rahmad, ditemui usai upacara bendera memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Jumat (1/10), kemarin, di Halaman Kantor Bupati Pontianak.

Lanjutnya lagi, dirinya berharap masyarakat Kabupaten Pontianak, agar tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa baik suku, agama, etnis maupun kelompok.

“Janganlah menimbulkan persengketaan yang menimbulkan konflik yang dapat merugikan kita semua. walupun kita berbeda pendapat, pemikiran, dan cara pandang tetapi ideologi kita tetap Pancasila. Karena Pancasila sangat menekankan kesatuan dan persatuan. Dan saya yakin dengan persatuan dan kesatuan bakal mempercepat pembangunan daerah,” kata Rahmad, yang membacara Ikrar Hari Kesaktian Pancasila, saat pelaksanaan upacara bendera.

Sedangkan Dandim Mempawah, Parlindungan Sirait, melalui hari Kesaktian Pancasila, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menggali kembali makna mendalam Pancasila sebagai ideologi bangsa, dasar hukum, dan pandangan hidup bangsa Indonesia untuk ditanamkan dalam diri generasi muda selaku peneru bangsa.

“Generasi muda harus memahami makna penting ideologi Pancasila, karena generasi muda bakal menjadi generasi bangsa yang mempunyai wawasan kebangsaan dan nasionalisme supaya tidak terjebak pada tindakan menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan. Jadikanlah Pancasila sebagai falsafah hidup dalam menyikapi persoalan, saya yakin konflik-konflik tidak akan terjadi,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar