Senin, 27 Juni 2011

Disdikpora Tanamkan Pendidikan Karakter

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pontianak, Zulkifli Salim, mengatakan dalam memajukan kualitas dan  mutu pendidikan. Pihaknya terus berupaya menanamkan pendidikan karakter dalam kurikulum siswa, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), sampai siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Pendidikan karakter sangat penting untuk meningkatkan moral, etika dan kecerdasan bagi para pelajar. Kecerdasan, belum menjamin anak didik itu memiliki moral dan etika yang baik. Melalui pencanangan gerakan pendidikan karakter ini, saya yakin pelajar di Kabupaten Pontianak akan lebih memiliki disiplin ilmu dan karakter yang baik. Program ini, telah kita lakukan dari anak-anak PAUD dan TK,” katanya.

Lanjutnya lagi, melalui pendidikan yang berbasis karakter, agar para siswa mempunyai rasa memiliki terhadap bangsa. Dan harapannya setelah mempunyai rasa memiliki akan timbul rasa bangga dan cinta terhadap Tanah Air.  Sehingga para siswa tidak kehilangan jati dirinya sebagai Bangsa Indonesia.

“Materi pembangunan karakter sendiri sudah disiapkan Kemendiknas sejak 2010, untuk melengkapi hal-hal yang belum ada di mata pelajaran seperti pendidikan kewarganegaraan maupun agama. Pendidikan ini bukan mata pelajaran namun disisipkan dalam mata pelajaran. Dilaksanakannya, pendidikan karakter ini karena dinilai saat ini norma dan etika pelajar mulai luntur di kalangan siswa. Salah satu upaya membangun karakter, maka kita gelar berbagai lomba baik seni dan olahraga,” katanya.

Namun dalam pelaksanaan pendidikan karakter ini, perlu dukungan semua pihak, tidak hanya Dinas Pendidikan, sekolah, tenaga pengajar, tapi peran orang tua dan lingkungan juga sangat dibutuhkan dalam menumbuh kembangkan sifat olah pikir, olah gerak dan olah seni siswa, serta memberikan wadah kepada anak didik berkreasi dengan menampilkan karya-karya kreatif dan inovatif mereka.

“Pendidikan karakter sangat penting, dan sangat perlu dukungan semua pihak. Sehingga generasi mua kita kedepannya, bisa menjadi pemimpin dan tulang punggung bangsa,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar