Rabu, 29 September 2010

Bupati Buka Manasik Haji Tahun 2010

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pontianak, Rabu (29/9), kemarin, menggelar pembukaan bimbingan manasik haji bagi Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2010, di Masjid Agung Al Falah Mempawah. Bimbingan manasik haji ini secara resmi dibuka oleh Bupati Pontianak, Ria Norsan, yang juga  terdaftar sebagai CJH  tahun ini.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Pontianak, Rubijanto, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pontianak, Andi Jafar Harun, Kepala Pengadilan Agama, H.M. Arsyad, tokoh agama, serta seluruh CJH.

Dalam pertemuan pembukaan manasik haji tersebut, Bupati Pontianak, Ria Norsan, meminta seluruh CJH mengikuti seluruh rangkaian manasik haji, sehingga CJH lebih mantap memahami segala rukun, wajib maupun sunnah haji.

“Demi kesempurnaan pelaksanaan ibadah haji, diperlukan adanya persiapan dan pembekalan yang cukup bagi calon jamaah haji. Bekal tersebut bukan hanya materi belaka, tetapi juga pengetahuan akan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji. Pengetahuan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan manasik haji ini,” katanya.

Lanjutnya lagi, pelaksanaan ibadah haji juga merupakan ibadah fisik, sehingga para CJH dihimbau agar untuk selalu menjaga kesehatan lahir dan batin dengan rajin berolahraga.

“Jagalah kesehatan dari sekarang, dan perbanyak ibadah dan bertobat kepada Allah SWT, agar pelaksaaan ibadah haji kita tidak sia-sia dan kita menjadi haji yang mabrur” katanya.

Sedangkan Kepala Kementerian Agama kabupaten Pontianak, Andi Jafar Harun, juga mengingatkan agar seluruh CJH Kabupaten Pontianak yang berjumlah 152 orang, yang direncanakan diberangkatkan 27 Oktober dari Mempawah ke Asrama Haji Pontianak, agar mempersiapkan diri baik fisik dan rohani, serta kesabaran dalam menjalankan ibadah haji dan pulanh dengan predikat haji mabrur.

“Kesabaran sangat penting dalam melaksanakan ibadah haji, untuk itu mantapkan niat, sehingga seluruh ibadah yang kita laksanakan dapat berjalan baik. Karena ibadah haji merupakan ibadah dua deminsi yaitu fisik dan rohani yang perlu bimbingan, untuk itu laksanakanlah manasik haji dengan baik,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar