Rabu, 29 September 2010

Kabupaten Pontianak Tolak Penerimaan CPNS Tahun 2010

Norsan : Jumlah PNS Melampaui Target Nasional

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, mempawah

Menyikapi banyak pertanyaan masyarakat, terkait penundaan Pemda Kabupaten Pontianak terhadap penerimaan CPNS formasi tahun 2010, sebanyak 188 orang. Komisi A DPRD Kabupaten Pontianak, Selasa (28/9), kemarin, melaksanakan pertemuan dengn Bupati Pontianak, Ria Norsan, yang didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Firman Juli, Asisiten III Sekda Kabupaten Pontianak, Abdullah, dan Kepala Badan Pendapatan, Keuangan dan Anggaran Daerah, Zulkifli Salim, untuk mendapat penjelasan terkait penundaan tersebut.

Dalam Pertemuan tersebut, Bupati Pontianak, Ria Norsan, menjelaskan penundaan penerimaan CPNS karena pemerintah Kabupaten Pontianak sedangan melakukan penataan jumlah PNS disetiap SOPD, apalagi menurut standar nasional jumlah PNS di wilayah Kabupaten Pontianak telah melebihi target.

“Jumlah PNS kita sekarang kurang lebih  5227 orang, dimana jumlah tersebut jika dibagikan jumlah penduduk telah melampau target, karena lebih dari 2,1 persen. Selain itu, kita juga masih terkendala masalah difisit anggaran. Melalui pertimbang tersebut, maka kita menunda penerimaan CPNS tahun ini, bahkan tidak hanya kabupaten kita tapi kabaten lain juga ada yang menunda penerimaan CPNS,” katanya.

Sedangkan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pontianak, Susanto, mengatakan pertemuan tersebut, tidak lain meminta penjelasan kepada Pemkab Pontianak, terkait banyaknya masukan dari masyarakat atas penundaan penerimaan CPNS tersebut.

“Kita bisa memahami alasan tersebut, tapi kita berharap tahun-tahun kedepan jangan hanya penundaan lagi. Untuk itu, tahun 2010 Pemkab harus fokus melakukan penataan pegawai, sehingga kita bisa mengetahui tingkat kebutuhan pegawai di daerah kita, serta pendistribusian pegawai juga harus merata disetiap daerah, selian itu belanja pegawai juga jangan sampai melampaui separoh dari APBD, hal ini memang tidak ideal,” katanya.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, HM Amin H Amin, menjelaskan pertemuan tersebut, nantinya akan disampaikan kepada masyarakat yang mempertanyakan penundaan CPND formasi tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar