Jumat, 02 Juli 2010

Pencanangan Jumat Bersih, Bupati Garuk Sampah

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kebersihan lingkungan. Pemda Kabupaten Pontianak, Jumat (2/7), kemarin, menggelar pencanangan gerakan Jumat Bersih yang langsung dibuka Bupati Pontianak, Ria Norsan, di Taman Air Mancur Kota Mempawah.

Ratusan masyarakat baik dari element dinas instansi, tokoh masyarakat, LSM, Duta Lingkungan Hidup, bahkan anggota Pemadam Api Mempawah juga ikut serta membersihkan lokasi pasar Mempawah. Bahkan di kantor dinas instansi di Kabupaten Pontianak, terlihat para pegawai saling bahu membahu membersihkan lingkungan kantor mereka.

Bupati Pontianak, Ria Norsan, mengatakan pelaksanaan Gerakan Jumat Bersih merupakan  tujuan Pemda untuk menumbuhkan kebersamaan dalam mengatasi permasalahan kebersihan lingkungan, sekaligus menimbulkan keinginan masyarakat untuk turut serta membantu menjaga kebrsihan lingkungan, sehingga Kabupaten Pontianak bersih dari sampah.

“Apabila kita hanya mengharapkan kinerja pemerintah dalam pengolahan sampah, saya rasa tidak akan berhasil tanpa peran serta masyarakat. Oleh karena itu, melalui ini adanya usaha saling bahu membahu antara pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah,” kata Ria Norsan, yang jagu langsung ikut menggaruk sampah di lokasi Pasar Kota Mempawah.

Gerakan Jumat bersih sendiri, tidak hanya dilaksanakan di Kota Mempawah dan sekitarnya, tetapi akan terus berlanjut ke seluruh wilayah Kabupaten Pontianak.

“Kegiatan ini, setiap Juamt kita laksanakan. Tapi tidak hanya di Kota Mempawah, namun bergantian disetiap kecamatan. Karena kita ingin setiap individu maupun masyarakat bisa mengambil inisiatif dan proaktif mengatasi masalah kebersihan lingkungan,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar