Jumat, 15 April 2011

FKPM Siap Ciptakan Suasana Kondusif

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Guna menciptakan suasana kondusif ditengah-tengah masyarakat. Ketua forum kemitraan polisi dan masyarakat (FKPM) Kabupaten Pontianak, HM Amin H Aminin, mengatakan FKPM akan terus meningkatkan jalinan kemitraan dengan kepolisian dan masyarakat
 
“Keberadaan FKPM sangat membantu tugas polisi dalam hal menciptakan suasana aman dan tertib serta menekan tindak kriminalitas yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Sehingga masyarakat merasa nyaman dalam melaksanakan tugas sehari-harinya,” katanya.

Bahkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pontianak ini, mengatakan keberadaan FKPM  Kabupaten Pontianak yang telah terbentuk sampai tingkat kecamatan, akan terus meningkatkan tugas dan fungsi dalam membantu meringankan tugas kepolisian dalam menciptakan kondisi aman dan tertib tidak mungkin dilakukan oleh sepihak tapi harus dilakukan bersama oleh polisi dan masyarakat.

“Dengan adanya FKPM, persoalan-persoalan kecil yang terjadi ditengah masyarakat tidak langsung diselesaikan keranah hukum, tapi bisa dipecahkan ditingkat masyarakat dengan cara musyawarah. Dengan adanya Polisi Masyarakat (Polmas) ditengah-tengah masyarakat, semua persoalan yang dihadapi masyarakat bisa dipecahkan melalui forum FKPM ini,” katanya.

Bahkan Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, menilai salah satu tugas dan fungsi FKPM adalah mengindentifikasi dan mempelajari serta mengambil langkah-langkah yang proposional dalam rangka pelaksanaan fungsi kepolisian umum dan fungsi bimbingan atau penyuluhan.

“Anggota FKPM sendiri berasal dari masyarakat. Sehingga berbagai permasalahan yang kecil-kecil insyah Allah dapat diselesaikan, tanpa harus melalui proses hukum,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar