Jumat, 15 April 2011

Pak Bulu Jadi Desa Mandiri Pangan

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Meningkatkan kemandirian pangan masyarakat, terutama untuk mengurangi kerawanan pangan dan gizi dalam memantapkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat di Kabupaten Pontianak. Bupati Pontianak, Ria Norsan, Rabu (23/3), kemarin, melaksanakan pencanaan Desa Mandiri Pangan dan Panen Raya di Desa Pak Bulu, Kecamatan Anjongan.

“Melalui pencanangan desa mandiri pangan ini, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Pak Bulu, dan umumnya masyarakat Kabupaten Pontianak,” kata Ria Norsan, dihadapan para petani, sekaligus menyerahkan bantuan dana tunjangan perbantuan Rp 100 juta dari APBN untuk kelompok tani di Desa Pak Bulu, yang disaksikan langsung Kabid Ketahanan Pangan dan Penyuluh Provinsi Kalbar, Nurul Ekawati, Kepala BKPP, Ridwan Rusli, Camat Anjongan, Tarmizi, dan kepala dinas instansi lainnya.

Selain itu, Norsan, juga berharap melalui program Desa Mandiri Pangan, diharapkan dapat membantu pengembangan pembangunan di perdesaan, khususnya untuk ketersedian pangan masyarakat desa.

“Saya berharap masyarakat desa, dapat memanfaatkan bantuan seoptimal mungkin dengan mengelolah dan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki untuk kemandirian pangan rumah tangga. Selain itu, dapat mencapai tujuan, perlu kerjasama semua pihak baik instansi terkait dan masyarakat,” katanya.

Sedangkan Kades Pak Bulu, Sumardi, mengatakan dicanangkannya Desa Pak Bulu, menjadi Desa Mandiri Pangan, diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian masyarakat, sehingga hasil pertanian bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan beras di Kecamatan Anjongan dan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Melalui program desa mandiri pangan ini, diharapkan mampu meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi, sehingga dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat dan produktif secara berkelanjutan. Dan minimal tahun 2015, Desa Pak Bulu, sudah mampu menjadi Desa Mandiri Pangan,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar