Jumat, 15 April 2011

Kepsek Harus Profesional Kelolah Dana BOS

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Bupati Pontianak, Ria Norsan, menghimbau kepada Kepala Sekolah (Kepsek) untuk lebih profesional dalam mengelola administrasi sekolahnya. Terutama dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan pemerintah pusat.

“Berbagai program kerja pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. BOS maupun bantuan lain jangan dikelola asal-asalan hingga membuat kepsek terjerat hukum,” kata Norsan, saat melantik melantik 12 kepala sekolah SD, SMP, SMA dan SMK di Lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak di Aula Kantor Bupati Pontianak.

Selain itu, Bupati juga berpesan agar Kepsek tidak hanya sekadar menjalankan rutinitas sebagai pemimpin di sekolah. Melainkan lebih ekstra dalam mengatur kemajuan, dan peningkatan dunia pendidikan di lingkungan sekolah masing-masing. Kepsek juga harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.

“Kepsek juga harus mengikuti perkembangan ilmu teknologi. Sehingga berbagai kemajuan dapat ditularkan kepada anak didiknya. Apalagi akses untuk mendapatkan informasi sudah sangat mudah. Baik melalui media cetak, televisi, internet dan lainnya,”  katanya.

Bahkan Norsan, sangat berharap Kepsek dapat membawa sekolah yang dipimpin ke arah yang lebih maju dan mampu bersaing dengan sekolah lainnya. Serta harus memiliki kemauan dan usaha yang keras agar dapat memajukan dunia pendidikan.

“Maju atau tidaknya suatu sekolah terletak, pada kepemimpinan kepala sekolah. Untuk itu, saya minta seluruh kepala sekolah agar dapat melaksanakan dan memegang teguh sumpah yang telah diucapkan,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar