Jumat, 15 April 2011

Mempawah Bakal Dibangun Balai Diklat Transportasi Darat

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Kementerian Perhubungan (Kemenhub), berencana membangun Balai Diklat Transportasi Darat di Pulau Kalimantan. Untuk mengetahui lokasi yang layak, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Anton S. Tampubolon, didampingi Bupati Pontianak, Ria Norsan, Selasa (8/3), kemarin, meninjau lokasi di Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Hilir.

“Rencana pembangunan kampus bagi taruna dan peserta Diklat transportasi darat, masih dalam proses penjajakan. Untuk penempatan lokasi, belum ada kepastian, kita masih melakukan survey, dimana lokasi terbaik untuk dibangun Diklat tersbut,” kata Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Anton S. Tampubolon.

Namun secara umum, Anton, menjelaskan lokasi yang disediakan pemerintah Kabupaten Pontianak, sangat tepat dibangun Balai Diklat Transportasi Darat. Tapi masih perlu dilakukan kajian teknis, seperti melakukan penyusuna study kelayakan, mengenai lokasi lahan yang harus sesuai dengan RTRW/RUTR/RDTR.

“Secara umum, lokasi cocok. Tapi masih diperlukan kajian teknik. Namun dukungan pemerintah Kabupaten Pontianak, sangat bagus dan ini menjadi modal yang baik untuk kita sampaikan di pusat nanti,” katanya.

Sedangkan Bupati Pontianak, Ria Norsan, sangat berharap pembangunan Balai Diklat Transportasi Darat, bisa ditempatkan di Kabupaten Pontianak. Bahkan Pemda menyatakan siap menyediakan lahan yang dibutuhkan, serta jalan akses.

“Kita diminta menyediakan lahan dan akses jalan, sedangkan proses pembangunan semuanya dilaksanakan mereka. Tahun 2011 ini, bakal dilaksanakan study kelayanan, dan direncanakan Tahun 2014, pembangunan sudah selesai dilaksanakan, dengan dana kurang lebih Rp 800 milyar,” kata Norsan.

Bahkan bupati menilai, jika pembangunan Balai Diklat terealisasi di Kabupaten Pontianak, akan menjadi magnet dalam kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Pontianak. Selain itu, juga akan memberikan multi plyaer efek dan berpengaruh juga dengan perkembangan ekonomi di wilayahnya.

“Jika pembangunan terlaksana, saya yakin Kabupaten Pontianak bakal maju dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar