Jumat, 15 April 2011

Prioritaskan Revitalisasi Pertanian

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Pertanian menjadi salah satu sektor yang diprioritaskan Pemerintah Kabupaten Pontianak, dalam pembangunan di tahun 2012. Apalagi mayoritas penduduk bergelut di bidang agraris dan sebagian besar hidup berada di garis kemiskinan.

“Revitalisasi pertanian dan ketahanan pangan patut dijadikan prioritas, karena wilayah Kabupaten Pontianak masih sebagain besar diperuntukan di bidang pertanian,” kata Wakil Bupati Pontianak, Rubijanto, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2012, di Aula Kantor Bupati Pontianak, Kamis (24/3), kemarin.

Musrenbang yang dihadiri Staf Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) Gubernur Kalbar, Ngatman, Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, Rahmad Satria, beserta anggota, kepala dinas instansi, muspida, LSM, organisasi kepemudaan maupun tokoh masyarakat. Rubijanto, menjelaskan perlu diprioritaskannya sektor pertanian karena dilihat dari hasil produk domestik regional bruto (PDRB), sektor pertanian masih sangat dominan yaitu sekitar 26,18 % pada tahun 2009.

“Sektor pertanian dan ketahanan pangn perlu dikembangkan dan ditingkatkan, tidak hanya pada aspek produksi tapi juga kualitas produksi dan daya tarik produksi di pasaran, sehingga revitalisasi pertanian dan ketahanan pangan, tidak hanya mampu meningkatkan ketersediaan pangan tapi juga meningkatkan daya beli masyarakat,” katanya.

Sedangkan Staf Ahli SDM Gubernur Kalbar, Ngatman, mengatakan perekonomian Kalbar masih didominasi oleh sektor pertanian, yang sampai saat ini produk yang dihasilkan masih belum cukup mengalami proses pertambahan nilai, karena masih berada di industri hulu. Sehingga hasil produk pertanian masih ditentukan pihak luar, yang tentunya berdampak pada penurunan daya beli masyarakat dan peningkatan pengangguran.

“Struktur perekonomian Kalbar masih ditopang oleh tiga sektor utama, yaitu sektor pertanian, perdagangan dan industri pengolahan dan menyusul sektor lainnya. Untuk itu, khusus Kabupaten Pontianak, diharapkan dapat mengarahkan program-program pembangunan kepada peningkatan infrastruktur, pertanian, perkebunan, peternakan dan juga tambang, serta menggali sumber daya lainnya, dengan memperhatikan aspek keadilan, pemberdayaan dan keberlangsungan,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar