Sabtu, 05 Juni 2010

Kerja Keras Warga Baijing Bisa Dicontoh

Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Mempawah

Usai melaksanakan pendidikan Lemhanas dan study banding ke Baijing. Bupati Pontianak, Ria Norsan, menilai banyak hal positif dapat diterapkan bagi masyarakat Kabupaten Pontianak, terutama semangat kerja keras masyarakat Baijing, sehingga kota Baijing bisa maju dan berkembang.

“Masyarakat Cina di Baijing memiliki semangat kerja keras yang tinggi dan selalu taat dengan aturan pemerintahan, dan mengedepankan budaya malu. Sehingga daerahnya bisa berhasil dan maju. Hal ini, merupakan contoh baik, yang dapat diikuti oleh masyarakat kita,” kata Bupati Pontianak, Ria Norsan, ditemui usai mengikuti Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Pontianak.

Lanjutnya lagi, pengalaman dan ilmu yang didapat selama Lemhanas dan study banding, rencananya bakal diterapkan, terutama pembangunan di sektor pariwisata dan industri, karena melalui dua sektor tersebut Cina bisa menjadi salah satu negara yang mampu menguasai ekonomi dunia dan bersaing dengan negara super power lainnya.

“Masyarakat disana sangat mencintai budaya, sehingga seluruh tempat budaya bisa dijadikan objek wisata. Selain itu, dengan semangat kerja keras mereka bisa setara dengan negara adidaya lainnya. Apalagi disektor industri, kemajuan mereka sangat pesat, sehingga produk-produk Cina laris di pasaran seperti Hp, pakain dan lain sebagainya,” katanya.

Untuk itu, Ria Norsan, merasa yakin hasil selama mengikuti Lemhanas dan study banding dapat diambil hikmanya, terutama demi kemajuan dan pembangunan Kabupaten Pontianak.

“Saya akan mencoba menerapkan prinsip masyarakat Cina tersebut. Terutama untuk pengembangan pariwisata dan industri. Seperti pengebangan objek wisata Pantai Kijing, Wisata Nusantra Desa Penibung, wisata budaya Makam Opu Daeng Menambon dan Makam Habeb Husen. Sedangkan sektor industri bakal kita kembangkan pabrik bouksit dan idustri lainnya. Apalagi jika pelabuhan kita telah berfungsi,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar