Minggu, 06 Juni 2010

Mat Belatong Memang Mantap

Oleh Johan Wahyudi

Mat Belatong pasti tidak asing bagi kalangan masyarakat Kalbar. Kisah-kisah Mat Belatong, selau menjadi kosumsi menarik yang penuh makna kehidupan. Jumat (4/6), kemarin, saya menerima buku Trilogi Kumpulan Esai HA Halim Ramli, Mat Belatong Pontianak dari Pimpinan Umum Harian Borneo Tribune, Nur Iskandar, saat melaksanakan rapat koordinasi biro-biro di Kota Singkawang.

Selama pertemuan saya tidak fokus pada buku Mat Belatong, hanya membolak-balik dan melihat sekilas daftar isi. Maklum harus jadi notulen saat Rakor. Tapi saya lirik,  Cover Mat Belatong nie menarik gak, dengan latar warna hitam dan gambar bunga teratai sedang mengkar berwarna pink.

Saya tak tahu apa maknanye, mungkin Mat Belatong jak yang tahu. (Keluar gak melayu kampong aq nie, macam tulisan Mat Belatong yang memadukan bahase Melayu dan Bahasa Indonesia, sehingga memiliki gaya bahasa yang menarik dan enak dibaca). Namun setelah saye baca bukunya, disana banyak falsafah hidup yang membuat kite berpikir untuk selalu berbuat baik, atau suatu bentuk awal kecerahan mencapai kehidupan yang lebih baik lagi, itulah mungkin arti gambar bunga teratai tuh. Kalau tak jelas tanyakan jak same Mat Belatong, Alamatnya di Jalan RE Martadinata D3 Nomor 20 Perumas 1 Pontianak. Nomor telepon rumah (0561)-771770 atau ke HP 085252000995, semoga Mat Belatong tak pindah rumah same ganti nomor Hp, kalau iye, ayaplah nak carinye.

Pulang ke Kota Pinyuh, Sabtu pagi (5/6), saye belum sempat baca buku Mat Belatong tuh, karena pala saye pusing disebabkan mabok oto alias mobil. Maklum orang kampong, saya tak tahan kena  Ac oto tuh, bahkan waktu pergi saye sampai muntah bilah dalam oto, mana gak kantong pelastik tak ada, mau diapakan agik tapi ada judulnye malu kawan.

Sampai di rumah, kepala masih pusing maka saye lebih banyak tidok, buku Mat Belatong, disimpan di atas meja kerja. Hampir sore baru saye bangon. Malam harinya, saya lebih banyak di depan Laptop, mengutak atik internet. Buka blogspot, dan situs-situs apa jak yang ada di dunia maya tuh.

Pagi Minggu (7/76), Buku Mat Belatong masih tak bergerak dari meja kerja tuh, didamping buku karya Pak Pimpinan Umum Harian Borneo Tribune, Nur Iskandar, berjudul 50 Tahun Pembangunan Pertanian Kalimantan Barat. Maklum saye habis mandi pagi langsung berangkat ke Mempawah, menggali berita dari lobang-satu kelobang lain. Agak Sore saya balik, sekitar jam 15.00 Wib, langsung etik berita. Lepas Magrib, saya buka laptop agik. Saye ambek buku Mat Belatong, sambil nunggu laptop selesai loding, akhirnya terbaca gak buku Mat Belatong nie.

Macam-macam judul dari orang gila, zaman zahiliyah sampai soal nangkap jin pun ada. Dibuku tuh ada 51 judul tulisan. Macam-macam persoalan hidup diceritakannya, dari pejabat, wakil rakyat sampai masyarakat kelas bawah. Pokoknye lekaplah semua, yang membace, dipastikan akan berpikir makna hidup yang sesunguh-sungguhnya.

“Memang mantap Mat Belatong nie, tak peduli siapapun kena sindir tapi penyampainya begitu asik, tak menyinggung perasaan orang, malah orang bisa dibuat ngakak saat membacanye. Buat Mat Belatong Bravo jak. Semoga terus berkarya walaupun umur dah tak mude agik. Saye rasa cukup sampai disini dulu cerita nie. Kata pantun Mat Belatong “Buah kuini ikan biles, dengan ini cerite pon abes!!!” .

Tapi saye mau pesan sebelum ditutup, yang belum punya buku Mat Belatong, atau penasaran cari jak ke penerbit PT Borneo Tribune Press, Jalan. Purnama Dalam No.02 Pontianak, Kalimantan Barat. Telp/Fax. (0561)767788/7766103 atau kunjung jak ke http://pontianakmatbelatong.blogspot.com. (Promosi siket tak apelah. Atau bisa langsung ke Mat Belatong, sekaligus minta tanda tangannye)

1 komentar:

  1. baro kate pengantar jak udah geli hati dah bace nye..haaaha
    jadi penasaran ni nak bace buku mat belatong..

    BalasHapus